Contoh Laporan

LAPORAN PELAKSANAAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
(PPPPTK) SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA
Jln. Kaliurang KM 12,5 Klidon Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta 55581

Diajukan Kepada SMK N 1 PACITAN Sebagai
Laporan Akhir Pelaksanaan PKL Jurusan MULTIMEDIA
Disusun Oleh :

Nama:
1. ……………..

SMK N 1 PACITAN
Jl. LETJEN SOEPRAPTO 53 TELP.(0357)881309 PACITAN
Website:http/www.smkn1-pci.sch.id E-mail:info@smkn1-pci.sch.id
Tahun Ajaran 2008/2009
HALAMAN PENGESAHAN

Karya tulis ini telah disahkan oleh pembimbing sekolah dan telah dipertanggungjawabkan didepan penguji karya tulis SMK N 1 PACITAN pada :

Hari :…………………………………………………
Tanggal :…………………………………………………

Kepala SMK N 1 PACITAN Pembimbing Sekolah

Sugeng Bintoro.S.Pd,S.E,MM Amanudin Azhari, S.Kom

Mengetahui
Kepala

HALAMAN MOTTO

o Siapa yang melalui jalan untuk menuntut ilmu, maka Alloh akan memudahkan baginya kesurga. Dan para malaikat selalu meletakan sayapnya menaungi para pelajar karena senang dengan perbuatan mereka.(Al Hadist).
o Sebuah prestasi tanpa ditambah kepribadian dan sikap mental yang positif akan rapuh dan mudah runtuh.
o Kegagalan bukan berarti akhir dari pekerjaan, tetapi merupakan awal dari keberhasilan (Bartolomeus Diaz).
o Jadikanlah hari hari ini lebih baik dari pada hari kemarin, dan jadikanlah hari esok lebih baik dari hari ini.
o

HALAMAN PERSEMBAHAN

Karya tulis ini kami persembahkan kepada :

1. Kedua orang tua kami yang telah membesarkan dan memberikan doa serta dukungan kepada kami.
2. Bapak Sugeng Bintoro, S.Pd,S.E,MM selaku kepala SMK N 1 Pacitan
3. Bapak Amanudin Azhari,S.Kom ketua jurusan TI SMK N 1 Pacitan
4. Bapak dan Ibu Guru SMK N 1Pacitan yang telah membimbing kami.
5. Ketua P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta
6. Staf dan karyawan P4TK Seni dan Budaya kampus Multimedia yang telah membantu kami selama kami PKL.
7. Teman-teman seperjuangan yang selalu memberikan dorongan kepada kami.
8. Adik-adik kelas yang kami banggakan.

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan karunianya. Sehingga kami dapat mnyelesaikan laporan praktek kerja lapangan (PKL) yang telah dilaksanakan di P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta yang masih sederhana dan banyak kekurangannya.
Laporan praktek kerja lapangan (PKL) ini kami susun sesuai dengan praktik kerja yang telah dilaksanakan di salah satu perguruan tinggi seni dan buadaya yang bertujuan untuk memenuhi persyaratan untuk kenaikan kelas pada SMK N 1 PACITAN, tahun ajaran 2008/2009.
Dalam penyusunan laporan ini kami menyadari banyak sekali kekurangannya, namun berhubung banyaknya pihak luar yang mendukung dan turut membantu, sehingga laporan ini dapat diselesaikan. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran laporan ini, baik itu dukungan moral atau materi.

Yogyakarta, 23 oktober 2008

Penyusun

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………….. i
HALAMAN MOTTO …………………………………………………………. ii
HALAMAN PERSEMBAHAN ………………………………………………. iii
HALAMAN PENGANTAR ………………………………………………….. iv
KATA PENGANTAR …………………………………………………………. v
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pelaksanaan Pkl
B. Tujuan Pkl
C. Tujuan Pembuatan Laporan
D. Teknik Pengumpulan Data

BAB II TINJAUAN UMUM
A. Nama Lembaga
B. Berdirinya Lembaga
C. Kedudukan, Tugas, dan Fungsi
D. Struktur Organisasi

BAB III TINJAUAN KHUSUS
A. Kegiatan Pkl
B. Program
C. Kebijakan
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran-Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG PELAKSANAAN PKL

Pendidikan merupakan modal terpenting dizaman ini. Dalam situasi dan konsdisi sekarang ini tanpa adanya pendidikan yang memadai sulit untuk memacu diri kita untuk menggapai masa depan yang lebih cerah dan global, semua ini diperlukan keinginan dan kemauan yang lebih dalam dari diri kita masing-masing. Dengan pendidikan dan belajar yang tekun takut membawa kita semua dalam mewujudkan cita-cita dan impian yang telah kita harapkan dizaman modern dan global ini.

Dalam era globalisasi kita semua diharapkan terus berusaha meningkatkan sumberdaya yang handal dan berkualitas yang mampu bersaing secara efektif.

Untuk dapat mencapai hal tersebut, maka sekolahan kami mengadakan kegiatan PKL, sehingga siswa dapat merasakan situasi dan kondisi yang akan dihadapi dimasa yang akan dating dan berusaha untuk menambah wawasan yang mampu mendorong siswa untuk selalu berprestasi.

Melalui program ini kami harapkan dapat memacu siswa SMK N 1 Pacitan Terpadu untuk selalu mengganggu menggali potensi yang dimiliki dan dapat mengoptimalisasikan pengembangan pendidikan yang ada pada SMK N 1 Pacitan

B. TUJUAN PKL

1. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan masing-masing program yang telah dilaksanakan.
2. Untuk mengetahui kemampuan siswa didalam menyerap semua materi yang telah dibarikan.
3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal lebih dekat tentang lingkungan kerja dunia kerja nyata.
4. Meningkatkan wawasan siswa tentang dunia luar melalui proses pengamatan langsung dilingkungan kehidupan sekitar.
5. Menumbukan motifasi pada siswa untuk menjadi manusia yang mampu berpikir logis, kritis, kreatif, mandiri dan berakhlaq mulia.

C. TUJUAN PEMBUATAN LAPORAN

1. Sebagai tanda bukti telah melaksanakan PKL.
2. sebagai informasi untuk peserta PKL yang akan datang.

D. TEKNIK PENGUMPULAN DATA

o Brosur
o Catatan
o Internet

BAB II
TINJAUAN UMUM

1. NAMA LEMBAGA

P4TK Seni dan Budaya (Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Kesenian) adalah unit pelaksana teknis pusat di Iingkungan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah yang mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai Pusat Pengembang Mutu Pendidikan Nasional dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, meningkatkan, dan mengembangkan pendidikan dan pelatihan (diklat) tenaga kependidikan tingkat nasional di bidang seni dan kriya dalam rangka peningkatan mutu, efisiensi, dan relevansi pendidikan nasional.

2. BERDIRINYA LEMBAGA

P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Seni dan Budaya pertama kali didirikan bernama PPPG Kesenian yang berkedudukan di Yogyakarta. Mengawali kegiatannya sebagai Proyek Peningkatan Pusat Pengembangan Penataran Guru Kesenian pada 1
September 1983 . Kegiatan dimulai di Dalem Ngadiwinatan, Alun-Alun
Selatan Keraton Yogyakarta. Sementara itu, pembangunan
kampus dilaksanakan pada tahun anggaran 1985/1986 dan secara
keseluruhan selesai pada tahun 1988/1989 . Kegiatan kantor pindah ke
lokasi baru di Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Slernan pada 1 Januari 1988 .
Status Unit Pelaksana Teknis dimulai dengan keluarnya Surat Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0529/0/1990 Tanggal 14 Agustus
1990. Berdasarkan SK Mendikbud itu, tugas dan fungsi utama P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) membina, mengembangkan, dan meningkatkan SMK-SK, khususnya dalam hal materi dan teknis kependidikan di bidang seni
dan kriya. Binaannya saat ini berjumlah 53 SMK-SK negeri dan swasta
tersebar di seluruh penjuru tanah air .rs. Andono (1999-2002), (4) Ir .
Sartono, M .M. (2002-2003), (5) Drs. Sardi (2003-. . .). Pada tahun 2007 sejak dikeluarkannya Peranturan Menteri Pendidikan Nasional nomor : 8 Tahun 2007 tangggal 13 Februari 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, nama PPPG Kesenian selanjutnya berganti nama menjadi P4TK Seni dan Budaya. Sesuai dengan Peraturan Menteri tersebut P4TK Seni dan Budaya mempunyai tugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan khususnya dalam bidang Seni dan Budaya. Dalam melaksanakan tugasnya P4TK Seni dan Budaya.

KEDUDUKAN DAN TUGAS P4TK SENI DAN BUDAYA

P4TK adalah unit pelaksana teknis (UPT) dilingkungan Departemen Pendidikan Nasional dibidang pengembangan dan pemberdayaan pedidikan dan tenaga kependidikan (PTK).

P4TK mempunyai tugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidikan dan tenaga kependidikan Seni dan Budaya

TUGAS POKOK

Tugas pokok dan fungsi P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) adalah :
1. Merencanakan program pengembangan diklat.
2. Melaksanakan diklat teknis pendidikan urituk meningkatkan mutu dan kompetensi guru.
3. Melaksanakan pengembangan diklat guru.
4. Melaksanakan peningkatan cara penyajian dan materi diklat.
5. Melaksanakan penjaminan mutu dan evaluasi diklat.
Melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga lembaga.

FUNGSI

P4TK Seni dan Budaya menyelenggarakan fungsi :
1. Penyusunan program pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan bidang Seni dan Budaya.
2. Pengelolaan data dan informasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan bidang Seni dan Budaya.
3. Fasilitasi dan pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan Seni dan Budaya.
4. Evaluasi program dan fasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, dan
5. Pelaksanaan urusan admnistrasi P4TK.

VISI DAN MISI P4TK SENI DAN BUDAYA

Visi P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) adalah pusat pengembang mutu pendidikan nasional seni, kriya, dan pengembang desain kriya yang andal.

Misi P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) adalah melaksanakan tugas diklat dan pengembangan tenis pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kompetensi kerja guru SMKSK, pengembangan diklat kertakes, dan dikseni dalam kaitannya menuju usaha peningkatan mutu pendidikan yang terstandar.

PROGRAM

Penyusunan Program Pengembangan dan Pemberdayaan P4TK Seni dan Budaya.
1. Pengembangan modul/bahan ajar.
2. Pengembangan model-model pembelajaran (lesson study, PAKEM, PMR, dll)
3. Forum ilmiah dan kompetensi
4. Inovasi dan pengkajian
5. Pengembangan Prototype
6. Pelaksanaan TNA (Training Needs Asessment)

MAKNA SIMBOLIK LOGO DEWI SARASWATI P4TK SENI DAN BUDAYA

Logo P4TK seni dan budaya sleman, yagyakarta merupakan abtraksi dari dewi saraswati sebagai perlambang dari ilmu pengetahuan suci yang akan memberikan keindahan dalam diri. Dewi saraswati memiliki empat tangan, yang setiap tangan memgang seuah benda yang memliliki makna mendalam. Tangan pertama yang memegang tasbih sebagai simbol kecerdasan spiritual, tamgan yang kedua memegang wina (kecapi) sebagai simbol kecerdasan emosional dan sosial, tangan ketiga yang memegang bukau sebagai simbol kecerdasan intelektual, dan tangan yang keempat memegang trisula atau bunga teratai sebagai lambang kekuatan atau kebijaksanaan yang dapat ditranformasikan sebagai simbol kekuatan fisik atau kecerdasan kinestesis.

Keempat tangan yang memegang benda sebagai empat simbol kecerdasan tersebut, terwujudkan dalam patung p4tk seni dan budaya sleman, yogyakarta. Yang digambarkan dalam lingkaran kecil dalam keempat “sikut” atau sudut dari “tangan “ atau cadang.

Dalam ikon patung P4TK seni dan budaya juga terdapat lima klasifikasi simbolik, yang diasosiasikan dengan empat poin atau empat arah dan satusebagian pusat. Arah timur diasosiasikan dengan warna putih, selatan berwarna merah, barat berwarna kuning, utara berwarna hitam, danpusat memiliki sibol banyak warna.

Kelima klasifikasi simbolik tersebut tervisualisasikan dalam ikon patung P4TK seni dan budaya, dengan memberikan sentuhan warna pada setiap “tangan “ atau cabang arah mata angin dengan bentuk garis kelok-kelok, dari “sikut” menuju keujung “lengan”. Dengan demikian simbolisasikan patung P4TK seni dan budaya memilki makna sebagai sebuah pusat yang menyebarluaskan kecerdasan spiritual, emosional dan sosial, intelektual, dan kinestesis keseluruh dunia yaitu ke timur, selatan, barat, dan utara.

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) didasarkan SK Kepala P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) Nomor 059/C18 .1/KP/2003 Tanggal 20 Januari 2003. Untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsi sesuai
visi dan misinya, P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) didukung oleh
sejumlah tenaga profesional yang andal, kompeten di bidangnya, dan berintegritas tinggi pada institusinya. Sel araspekembanganilmu dan teknologi yang pesat, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan syarat mutlak. Untuk peningkatan SDM di Iingkungan P4TK Seni dan Budaya (PPPG Kesenian) dilakukan melalui berbagai pendidikan dan pelatihan formal (S-1,S-2,danS-3) maupun informal. Saat ini tenaga yang ada berjumlah 338 orang, terdiri dari 304 orang tenaga administrasi dan 34 orang tenaga fungsional. Susunan organisai P4TK terdiri atas:
1. Kepala
2. Bagian Umum
2.1 Subbag Tata Usaha dan Rumah Tangga
2.2 Subbag Tatalaksana dan Kepegawaian
2.3 Subbag Keuangan
3. Bidang Program dan Informasi
3.1 Seksi Program
3.2 Seksi data dan Informasi
4. Bidang Fasilitas Peningkatan Kompetensi
4.1 Seksi Penyelenggaraan
4.2 Seksi Evaluasi
5. Koordinator Widyaiswara dan Kelompok Jabatan Fungsional

BAB III

TINJAUAN KHUSUS

A. Kegiatan PKL

1. Lembaga
a. Bagian Multimedia
o Menscan foto
o Edit foto
o Edit video
o Shoot P4TK
o Capture video
o Memasukkan daftar nilai mahasiswa
o Koreksi jawaban mahasiswa
o Membantu mengawasi guru guru diklat seIndonesia
o Membantu seksi dokumentasi Festival Seni Indonesia Th.2008
o Browsing

b. Bagian Kantor Pusat (Sie Evaluasi)
o Entri data
o Foto copy
o Mengikuti diklat
o Browsing

BAB IV
PENUTUP

A. KESIMPULAN

1. dengan diadakannya PKL kita semua lebih tahu akan dunia kerja yang sesungguhnya.
2. dapat memahami dan mengetahui sendiri bahkan melaksanakan etos dunia kerja yang nyata.
2. menjadikan para peserta didik belajar lebih mandiri karena jauh dari orang tua
3.

B. SARAN-SARAN

Berdasarkan hasil kesimpulan dalm PKL yang telah kami laksanakan, kami sarankan dan kami rekomendasikan hal-hal sebagai berikut:
1. membangun kehidupan yang berazas saling bersama, saling percaya, saling menhargai dan saling memperbaiki kekurangan pribadi masing-masing.
2. Utamakan tempat tinggal siswa/kost yang sekitarnya bisa melancarkan dalam melaksanakan ibadah.
3. Untuk informasi penarikan siswa PKL diusahakan harus jelas dan pasti hari dan tanggalnya agar para siswa prakerin apabila ditanya oleh Pembina tidak binggung.
4. Untuk info monitoring diusahakan harus ada pemberitahuan sebelumnya diusahakan jangan sampai mendadak agar Pembina di tempat prakerin kami bisa membagi waktu seperti halnya wakyu monitoring yang pertama ditempat kami tidak bertemu langsung sama Pembina prakerin kami,dan hanya dapat bertemu assistennya.
5. Diusahakan peningkatan kerjasama dan komunikasi antara peserta PKL dan guru pendamping

DAFTAR PUSTAKA

1. Diambil dari bronsur P4TK seni dan budaya
2. Diambil dari buku pedoman pendidikan P4TK seni dan budaya
3. Diambil dari modul P4TK Seni dan Budaya
4. Diambil dari internet/browser
5. Wawancara.komunikasi,bertanya kepada staf dan karyawan P4TK Seni Dan Budaya

Tinggalkan komentar